Jumat, 05 September 2008

WARNING : SMART VIRUS! Part II

Nah ceritanya kan beres tuh. Tapi ternyata perjuangan gw bakal lebih sulit. Kenapa? Ayo kita lihat.

31 Agustus 2008.

Sehari sebelumnya, gw beli majalah
CHIP edisi 11 tahun. Majalah ini majalah yang isinya tentang teknologi komputer, console, dan isu - isu yang berhubungan dengan IT. Gw paling seneng ama majalah ini, terutama kalo ada cd bonusnya wakakakakak :D nah yang ini ada 2 cd bonusnya, yang satu ada 55 tool XP + bonus lainnya, yang 1 lagi ada bonus 80.000 ++ artikel wikipedia offline. Wah lumayan kalo buat ngerjain tugas gausah cape, tinggal ambil dari CD itu hehe.

Nah kan tuh cd pake Opera buat ngebuka file di cd, soalnya Opera udah dimasukin ke cd itu. Nah lumayan browser gratis pula gausah ngedownload, gw copy aja tuh Opera ke laptop.

Trus tuh Opera langsung gw pake buat ngebuka internet (sekedar info, laptop gw ini udah sering makan asem garemnya virus, crash dan kecerobohan gw nginstall update ga bener, berujung pada kerusakan pada script Internet Explorer yang jadi luelet dan page yang gw buka selalu error). Pertama gw buka FS, lancar, trus gw buka tab baru buka FB.

Nah pas FB lagi dibuka (FS udah diclose), mendadak layar laptop gw biru semua dengan tulisan putih. Ini layar kalo komputer crash! Layar itu lalu ilang sebelum gw selese baca, tapi gw sempet baca script yang crash:

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

dan tulisan:

Dumping memory to disk : 100

Selain itu gw ga sempet baca, karena keburu restart (memory dump udah selese, jadi komputer/laptop akan restart)

Duh, gawat nih.

Trus sambil ngutak - ngatik registry (lagi) plus checkdisk (klik kanan di drive yang di My Computer, properties, tab tools, Error-checking, atau CHKDSK dari Command Prompt), gw baca - baca majalah CHIP gw. Ternyata gw nemuin fakta mengejutkan. Bahwa bukan hanya peniruan program antivirus saja yang terjadi, tapi website antivirusnya juga! Bahkan website resminya pun bisa dimasukin script yang bikin orang yang ngedownload antivirus, malah download virus DKK. Juga bahwa web page semacam forum - forum internet, FS dan FB, dan website komersial lainnya sering dimasukkan script yang berbahaya untuk menjadi pintu masuk spyware dan adware. Buseeet!


Juga bahwa download lagu - lagu gratis ataupun murah, poker online, baik gratis maupun bayar, dan torrent - torrent di internet harus diwaspadai, karena bisnis para bos hacker dan cracker (cracker adalah hacker yang merusak, hacker hanya membuka celah keamanan dan melihat - lihat) yang nyuruh dan ngegaji cracker dan hacker itu hidup dari bisnis online itu! Asal tau, dari judi online aja, uang yang berseliweran mencapai US$ 18 MILYAR! (CHIP 08/2008) Gimana virus ini gak untung, pemasukannya banyak banget.


Akhir kata, jadilah pengguna internet yang baik dan pintar. Jangan buka situs - situs yang nyeleneh, gunakan browser yang terpercaya dan paling updated, dan selalu update antivirus anda. Semoga pengalaman saya bisa berguna untuk anda (CIEELAAAH haha) :D

2 komentar:

Yunita Werdiningrum mengatakan...

jelas pengunjung lo dikit. 1 postingan aja panjang banget siapa yang mau baca -___-

Kevin Reiner mengatakan...

Iyadeh iyadeh